Waktunya berkarya !

Jangan bingung, Sebagai lulusan program studi Teknik Elektro Unsoed memiliki peluang untuk berkarir di perusahaan maupun berwirausaha.

Materi pembelajaran yang mencakup keahlian perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) memberikan dasar keahlian yang cukup lengkap. Selain itu juga diberikan bekal softskill untuk menyiapkan lulusan program studi Teknik Elektro Unsoed untuk terjun ke dunia nyata.

Berikut ini adalah beberapa contoh pekerjaan sebagai lulusan jurusan Teknik Elektro Unsoed.

  1. Engineer
    Lulusan Teknik Elektro Unsoed disiapkan untuk menjadi perekayasa dengan kemampuan untuk merancang, menganalisa, membangun, memelihara sistem terkait dengan sistem keteknikelektroan.
  2. System Designer
    Lulusan Teknik Elektro Unsoed disiapkan untuk menjadi pengembang sistem keteknikelektroan.
  3. System Analyst
    Lulusan Teknik Elektro Unsoed disiapkan untuk memiliki kemampuan dalam melakukan analisa bidang keteknikelektroan.
  4. Software Developer
    Bukan terbatas pada lulusan dari teknik informatika saja yang mampu mengembangkan perangkat lunak untuk kebutuhan pengembangan IOT (Internet of Things). Lulusan elektro juga dicetak mampu menguasai bahasa pemrograman untuk perangkat keras/sistem embeded semisal arduino.
  5. Akademisi
    Lulusan Jurusan Teknik Elektro bisa memiliki peluang untuk menjadi tenaga pendidik seperti dosen di Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta, selain itu mampu juga menjadi Guru SMK jurusan Listrik, Instalasi Listrik, Audio Video, Elektronika Industri, dan komputer informasi serta jaringan komputer.
  6. Trainer
    Lulusan Teknik Elektro Unsoed juga memiliki kemampuan untuk menjadi trainer di bidan keteknikelektroan. Seperti trainer profesional di bidang jaringan komputer, sistem kendali berbasis plc, ketenagalistrikan, hingga ke sistem embeded.
  7. Peneliti
    Lulusan Teknik Elektro Unsoed memiliki dasar yang kuat dalam untuk melakukan pengembangan bidang keilmuan sebagai peneliti. Hal ini diperoleh oleh lulusan Teknik Elektro Unsoed melalui proses pembelajaran yang terus membiasakan mahasiswa untuk mengasah kemampuan berpikir kritis dan menjalankan kaidah-kaidah medote ilmiah yang baik dan benar.
  8. Konsultan
    Dengan kemampuan yang telah diperoleh selama bangku kuliah, lulusan Teknik Elektro Unsoed dapat menggunakan ilmu yang telah diperolehnya untuk menjadi konsultan di bidang keteknikelektroan.
  9. Auditor
  10. Manajer
  11. Supervisor
  12. Pemasaran
  13. Wirausaha
    Bekerja mandiri atau mendirikan lapangan kerja merupakan pilihan yang sangat relevan bagi lulusan teknik elektro karena mereka telah dibekali kemampuan utama bidang Teknik Elektro ditunjang pula kemampuan yang cukup untuk membangun usaha. Lulusan jurusan Teknik Elektro dapat menjadi Instruktur, Mengembangkan bisnis Start Up, dan Instalasi Listrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.