Tim Robotic UNSOED Melaju Ke Tingkat Nasional

Dua robot milik tim Soedirman Robotic Team (SRT) Unsoed berhasil melaju ketingkat nasional yang akan digelar 21 – 26 Juni 2023, bertempat di Universitas Negeri Semarang Jawa Tengah. Sebelumnya Tim telah berhasil lolos seleksi pada Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Wilayah Tahun 2023. Kedua tim tersebut adalah Tim SATRIA yang mengikuti Kategori / Divisi Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI), dan Tim YUDHISTIRA yang mengikuti kategori / divisi Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI).

Kontes Robot Indonesia adalah kegiatan kompetisi rancang bangun dan rekayasa dalam bidang robotika yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Kegiatan KRI ini dilaksanakan secara bertahap, yaitu seleksi proposal, seleksi pengumpulan berkas video, kontes tingkat wilayah dan kontes tingkat nasional. Pada tahap seleksi hingga tahap kontes tingkat wilayah dilakukan secara daring. Soedirman Robotic Team (SRT) Universitas Jenderal Soedirman pada tahun 2023 ini mengikuti 3 tim divisi lomba dari total 7 divisi yang diperlombakan yaitu Tim Blakasutha untuk Divisi Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Tim Satria untuk Divisi KRSRI, dan Tim Yudishtira untuk Divisi KRTMI.

Ketua Tim SATRIA (Febriyanti Azzahra) mengatakan bahwa tim mempersiapkan robot semaksimal mungkin. “Saat ini kami mempersiapkan diri untuk lanjut ke tahap berikutnya, semoga mendapatkan hasil yang maksimal. Terima kasih juga kepada teman-teman seperjuangan yang telah bekerja keras sehingga kita bisa lolos ke nasional, semangat terus perjalanan kita masih Panjang,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Tim YUDHISTIRA (Fazel Abdella) mengatakan Kontes ini merupakan ajang untuk membuktikan kemampuan kita (UNSOED) di bidang robotika tidak kalah dengan teman-teman di perguruan tinggi lain di Indonesia.

Ketua SRT Unsoed, Iqbal Pasha Ramadhan mengatakan bahwa Kontes Robot Indonesia adalah kompetisi yang sangat bergengsi dalam bidang robotika di tanah air. “KRI merupakan kegiatan rutinan kita dimana kita mempersiapkan semuanya selama berbulan-bulan”, ungkapnya. Melihat perjuangan dan pengorbanan tim semoga tim robotika Unsoed dapat meraih hasil yang baik dan dapat mengharumkan almamater. “Kami berharap kedepannya pihak kampus lebih mendukung kegiatan riset untuk perlombaan ini”, jelasnya.

Atas partisipasinya dalam kontes robot indonesia, SRT Unsoed mendapatkan apresiasi dari Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni (WR III), Dr. Norman Arie Prayogo, S.Pi, M.Si. WR III mendukung penuh dan siap memenuhi kebutuhan tim robot dalam melakukan risetnya. SRT Unsoed merupakan salah satu UKM dibawah naungan Universitas Jenderal Soedirman yang dibimbing oleh: Ir. Priswanto, S.T. M.Eng.; Dadang Iskandar,S.T.,M.Eng.; Aziz Wisnu Widhi Nugraha, S.T., M.Eng.; dan Ir. Yogi Ramadhani, S.T., M.Eng.

Leave a Reply

Your email address will not be published.