berita jurusan elektro unsoed

Bertempat di Gedung C Fakultas Teknik Unsoed Kampus Blater Purbalingga, Jumat (25/09/2020) Tim Robot SATRIA yang merupakan tim Robot Jurusan Teknik Elektro Unsoed mengikuti seleksi tahap 2 Kontes Robot Indonesia (KRI) 2020 secara online. Tim Robot yang dibimbing oleh Priswanto, ST, M.Eng dan Dadang Iskandar, ST, M.Eng ini, masuk dalam 1 divisi saja yakni KRPAI (Kontes Robot Pemadam Api Indonesia) dengan ketua tim Abu Bakar Ash Shidiq Al Muqayim, “ungkap Tim Promosi Unsoed Ir.Alief Einstein,M.Hum.

Ketua Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Unsoed Farida Ariani,SSi.,MT. mengatakan KRI 2020 ini merupakan ajang bergengsi di Indonesia, dimana para mahasiswa saling unjuk kemampuan dalam rancang bangun dan rekayasa di bidang robotika.”Kami sangat bangga para mahasiswa bisa berpartisipasi bersama perguruan tinggi lainnya di Indonesia. Dan kami selalu memberikan support kepada mahasiswa Teknik Elektro Unsoed agar semaksimal mungkin menampilkan karya terbaiknya, “kata Farida.

Sementara itu pembimbing tim Robot Priswanto mengatakan bahwa gambaran umum saat pelaksanaan Lomba KRPAI (Kontes Robot Pemadam Api Indonesia) sebagai berikut: sebuah robot berkaki diletakkan disebuah titik start (home) di arena yang mensimulasikan sebuah miniatur gedung terbuat dari kayu berukuran 248 cm x 248 cm x 30 cm yang memiliki 4 buah ruangan. Robot telah diprogram sebelumnya oleh peserta sesuai dengan denah dan rute perjalanan yang diberikan. Ketika diberikan aba-aba start, maka robot, tanpa dikendalikan oleh peserta menuju ke ruangan-ruangan tersebut dan melakukan penyemprotan. “Diberikan waktu 5 menit (300 detik) untuk menyemprot 4 ruangan. Setelah keempat ruangan selesai disemprot maka robot akan kembali ke titik home, ” ungkapnya.

By mulkiiz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *