Berita

Pengabdian Kepada Masyarakat skim Ipteks: Merakit Personal Komputer

Pada hari Selasa 14 Agustus 2018, tim dosen Teknik Elektro melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) skim penerapan ipteks dari dana BLU Unsoed tahun 2018. Kegiatan PKM tersebut diketuai oleh Mulki Indana Zulfa, ST., MT. dengan anggota Ari Fadli, ST., M.Eng., Daru Tri Nugroho, ST. MT., dan Arief Wisnu Wardhana, B.Eng(Hons)., M.Eng. Kegiatan tersebut juga dibantu oleh 1 mahasiswa Teknik Elektro angkatan 2014 Najmudin El Fatih.

PKM Teknik Elektro Unsoed di Desa Blater
PKM Teknik Elektro Unsoed di Desa Blater

Tema kegiatan PKM tersebut adalah workshop merakit dan memelihara personal komputer dengan target pesertanya adalah perangkat desa, pemuda karang taruna, pengusaha rental komputer, dan perwakilan dari guru SDN 1 Blater. Kegiatan PKM diawali dengan sambutan dari Kepala Desa Blater Pak Sukanto. Dalam sambutannya beliau mengucapkan terimakasih kepada Universitas Jenderal Soedirman khususnya tim dari dosen elektro yang mau bekerjasama dengan pemerintah desa untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut.

PKM Teknik Elektro Unsoed di Desa Blater
PKM Teknik Elektro Unsoed di Desa Blater

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan materi pertama oleh Arief Wisnu Wardhana, B.Eng(Hons)., M.Eng. dengan tema sejarah teknologi komputer. Kemudian dilanjutkan dengan materi kedua yang disampaikan oleh Mulki Indana Zulfa, ST., MT. dengan tema sistem operasi sebuah komputer. Pada materi yang kedua ini, para peserta workshop dipersilahkan melihat langsung dan mencoba merakit komputer yang telah disediakan oleh tim pengabdi. Ada 5 komputer rakitan yang disediakan dengan total peserta berjumlah 10 orang (tidak termasuk perangkat desa).

PKM Teknik Elektro Unsoed di Desa Blater
PKM Teknik Elektro Unsoed di Desa Blater

Setelah materi kedua selesai, peserta dipersilahkan untuk istirahat, solat, dan makan (disediakan oleh tim pengabdi). Selanjutnya kegiatan PKM dilanjutkan dengan workshop instalasi sistem operasi Windows 8. Pada akhir acara tim pengabdi memberikan door prize (total 12 flashdisk ukuran 4GB) kepada peserta workshop. Acara ditutup dengan foto bersama.

PKM Teknik Elektro Unsoed
PKM Teknik Elektro Unsoed

Maju terus pantang menyerah !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *