Berita

Rapat Pleno Rekurikulum Teknik Elektro Tahun 2018

Hari ini Jurusan Teknik Elektro melakukan rapat pleno Kurikulum baru Tahun 2018, dimana kurikulum terakhir yang digunakan di Teknik Elektro Unsoed adalah kurikulum 2013. Proses diskusi rekurikulum di Teknik Elektro Unsoed berjalan sejak bulan Februari 2018, dimulai dari diskusi internal para dosen untuk mengevaluasi implementasi kurikulum sebelumnya yaitu kurikulum tahun 2013. Pada dasarnya pelaksanaan kurikulum 2013 sudah baik dimana salah satu pencapaian positifnya adalah kelulusan tepat waktu yang cukup meningkat dari tahun sebelumnya. Menurut catatan sekretaris Jurusan, setidaknya kelulusan tepat waktu dalam 2 tahun terakhir mencapai 50%.

Rapat Pleno Kurikulum Teknik Elektro Unsoed Tahun 2018
Rapat Pleno Kurikulum Teknik Elektro Unsoed Tahun 2018

Pembaruan kurikulum harus dilakukan dalam 5 tahun sekali. Dimana pada tanggal 25 April 2018, Jurusan Teknik Elektro Unsoed melakukan kegiatan workshop pengembangan kurikulum dengan mengundang Dr.Eng. F. Danang Wijaya dari Teknik Elektro UGM yang kemudian dilanjutkan dengan Focus Group Discussion (FGD) dari para alumni. Sehingga butuh waktu 6 bulan untuk menetapkan kurikulum baru di Teknik Elektro Unsoed ini.

Pada kurikulum baru tahun 2018 ini, ada beberapa perubahan yang dilakukan yaitu :
1. Jumlah SKS kelulusan 144 (sebelumnya 147 di kurikulum 2013)
dimana jumlah SKS Matakuliah Wajib 117, Matakuliah Konsentrasi 15, Matakuliah Pilihan 15, dan Matakuliah GEC 4
2. Bidang Peminatan (konsentrasi) bertambah 1 yaitu Sistem Isyarat Elektronis
3. Beberapa penyesuaian di Matakuliah Praktikum
4. Beberapa matakuliah harus diseger penyelenggaraannya, dan
5. Ada beberapa matakuliah jumlah sksnya diubah.

Semoga dengan kurikulum baru ini Teknik Elektro Unsoed dapat lebih menjaga kualitas pembelajaran sehingga akan mempunyai lulusan yang berkualitas sesuai dengan perkembangan zaman dan tuntutan dunia industri.

Semangat pantang menyerah !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *