informasi beasiswa unsoed
Beasiswa

University of Oulu International Master’s Scholarship Scheme

Finlandia bisa menjadi satu pilihan negara tujuan kuliah ke luar negeri di kawasan Eropa. Salah satu universitas di Finlandia yang menawarkan kesempatan kuliah disana bagi para mahasiswa internasional adalah University of Oulu. Didirikan pada tahun 1958, University of Oulu terletak di kawasan kota Oulu. Universitas ini salah satu yang terbesar dan terbaik di Finlandia jadi sangat pantas jika mahasiswa internasional termasuk dari Indonesia memanfaatkan beasiswa yang disediakan oleh pihak universitas tersebut.

Rincian Beasiswa
Program beasiswa IM Scholarship dari University of Oulu ini merupakan beasiswa untuk studi S2 dengan sasaran utama para lulusan S1 dari luar kawasan Uni Eropa dan Kawasan Ekonomi Eropa. Total ada lebih dari 300 beasiswa yang bisa didapatkan oleh para pemohon dar berbagai negara di dunia termasuk Indonesia tentunya. Jumlah tersebut tidak terbatas pada jurusan-jurusan tertentu saja karena jurusan apapun bisa diambil.

Beasiswa dari University of Oulu ini merupakan sebuah beasiswa penuh jadi 100% biaya kuliah ditanggung sepenuhnya oleh beasiswanya. Penerima beasiswa ini nantinya tidak perlu membayar untuk biaya kuliah S2 di University of Oulu. Beasiswa diberikan dalam periode tahunan jadi setiap tahun akan ada evaluasi dari para penerima beasiswa tersebut apakah masih bisa terus menerima beasiswa atau tidak. Penerima beasiswa harus mampu menyelesaikan sebanyak 55 ECTS (sistem SKS di Eropa) di tahun pertama agar bisa tetap menerima bantuan beasiswa di tahun berikutnya. Namun perlu diingat juga bahwa selain biaya kuliah, penerima beasiswa harus menanggung sendiri yang termasuk biaya hidup dan biaya akomodasi selama studi S2 di Oulu University tersebut.

Berikut ini adalah program-program kuliah S2 yang bisa dipilih di University of Oulu dan diambil dengan menggunakan IM Scholarship:
1. Architectural Design
2. Biometrical Design
3. Computer Science
4. Environmental Engineering
5. Economic Geology
6. Ecology and Population Genetics
7. Economics
8. Education andGlobalisation
9. Finance
10. Financial and Management Accounting
11. International Business Management
12. Learning, Edcaton and Technology
13. Marketing
14. Protein Science and Biotechnology
15. Product Management
16. Software, Systems and Services Development in Global Environment
17. Wireless Communications Engineering

Persyaratan Beasiswa
Secara umum program ini memiliki persyaratan bahwa penerimanya harus memenuhi kriteria penerimaan mahasiswa S2 di Oulu University dan memiliki tanggung jawab untuk pembayaran biaya-biaya selama kuliah nantinya. Selain itu persyaratan yang harus juga disiapkan adalah dokumen-dokumen berikut ini:
1. Copy ijazah S1 dalam bahasa aslinya
2. Terjemahan resmi ijazah dalam bahasa Inggris
3. Copy transkrip nilai S1 dalam bahasa aslinya
4. Terjemahan resmi ijazah dalam bahasa Ingris
5. Bukti kemampuan bahasa Inggris yang bisa berupa PBT TOEFL 580, iBT TOEFL 92, atau IELTS 6.5
6. Copy KTP atau Paspor
7. Curriculum Vitae terbaru
8. Formulir referensi sebanyak 2 buah dengan formulir yang bisa diunduh di tautan berikut ini (link)
9. Portofolio khusus untuk program Desain Arsitektur

Prosedur Pendaftaran
Proses pendaftaran untuk seleksi beasiswa ini sudah sekaligus menjadi satu paket dalam pendaftaran studi program S2 di Oulu University. Pengisian formulir pendaftarannya bisa dilakukan dengan mengunjungi tautan berikut ini terlebih dahulu (link). Setelah melengkapi formulir pendaftaran secara online semua dokumen yang diisyaratkan harus dikirimkan via pos ke alamat berikut:

University Admissions Finland
Unioninkatu 40 C
FI-00170 Helsinki
Finland

Jika pengiriman menggunakan jasa kurir maka harus mencantumkan nomer telepon +358 29 41 235 28 pada slip pengirimannya. Pastikan bahwa dokumen-dokumen yang harus dikirimkan melalui pos harus sudah sampai dan diterima pihak yang bersangkutan sebelum masa pendaftarannya berakhir. Informasi lebih lanjut bisa coba dicari di laman resminya pada tautan berikut ini (link).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *