Pada pagelaran Kontes Robot Indonesia tingkat Nasional pada 15-16 Oktober 2021 yang lalu, tim SATRIA dari Soedirman Robotic Team (SRT) berhasil menempati peringkat 5 pada divisi lomba Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI). Hal ini tentunya merupakan capaian yang sangat membanggakan, mengingat setelah lolos di tingkat Wilayah 1 dan melaju ke tingkat nasional, tim Satria harus bersaing dengan 41 tim robot lainnya dari seluruh Indonesia.

Ketua SRT Unsoed, Abu Bakar Ash Shidiq Al Muqayyim mengatakan bahwa pada Kontes Robot Indonesia tingkat Nasional tahun ini, Tim SATRIA menampilkan robot otonom berkaki yang dilengkapi fitur pemadam api dan penyelamat korban. “Robot yang dilombakan merupakan robot yang sama dengan tahun sebelumnya, namun dengan beberapa perbaikan dan penambahan fitur”, ungkapnya. Teknologi yang digunakan oleh robot Satria tak dapat dipungkiri masih selangkah dibelakang tim lain. Robot yang dirancang dan dirakit oleh Tim Satria ini masih menggunakan sensor dan peralatan yang sederhana. “Namun demikian, dengan optimalisasi yang dilakukan oleh tim, robot tersebut dapat melewati rintangan yang ada dan memadamkan api dengan baik”, jelasnya.

KRI sendiri merupakan kegiatan kompetisi rancang bangun dan rekayasa dalam bidang robotika yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Ristek. Kontes ini berlangsung secara daring / online, karena masih dalam kondisi pandemi covid-19. Keberhasilan Tim Satria meraih peringkat 5 nasional dalam kontes kali ini mendapat apresiasi dari pihak Universitas Jenderal Soedirman / Unsoed yang diungkapkan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni (WR III), Dr. Kuat Puji Prayitno.,S.H.,M.Hum. WR III mendukung penuh Tim SRT dan mengucapkan selamat atas keberhasilan Tim SRT di kompetisi robotik nasional kali ini.  WR III juga berpesan untuk terus melakukan evaluasi dan perbaikan. “Semoga di perhelatan KRI mendatang, Tim SRT dapat berprestasi lebih baik lagi”, demikian disampaikan oleh WR III.

Hal senada diungkapkan oleh Kajur Teknik Elektro Unsoed, Farida Asriani, S.Si.,M.T yang mengungkapkan dukungannya dan berharap inovasi yang dilakukan oleh mahasiswa di bidang robotika akan selalu berkelanjutan. Tim Robot Satria sendiri merupakan salah satu divisi di bawah Soedirman Robot Team, yang dibimbing oleh dosen Fakultas Teknik Unsoed: Priswanto,S.T.,M.Eng. dan Dadang Iskandar,S.T.,M.Eng. TIm Satria sendiri merupakan Tim yang diketuai oleh Rizky Sepdi Nugroho (mahasiswa Teknik Elektro angkatan 2018) ini beranggotakan 9 orang, yakni Umi Kholilah, Nur Ardli Rachmat Saputra, Deo Nathanael Nindyo, Ferro Magna Perdana, Rizqi Iqbal Permana P., Nur Muhammad Taufik, Alya Nur Afni, M. Fikra Adzaky, dan Novia Salsabila Safitri.

By mulkiiz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *