Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan bagian dari upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, yang bertujuan mendorong mahasiswa agar bisa menguasai beragam kompetensi sebagaimana tertuang dalam Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Salah satu bentuk kegiatan pembelajaran pada program MBKM ini adalah MBKM Riset. MBKM Riset ini memberikan peluang bagi mahasiswa yang memiliki passion menjadi peneliti yang diwujudkan dalam bentuk kegiatan penelitian di Lembaga riset/pusat studi. Melalui penelitian mahasiswa dapat membangung cara berpikir kritis, hal yang sangat dibutuhkan untuk berbagai rumpun keilmuan pada jenjang pendidikan tinggi. Hadirnya Memorandum of Understanding (MoU) dibuat antara Unsoed dengan BPPT, yang dilanjutkan dengan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Fakultas Teknik Unsoed dengan BPPT, membuat kegiatan MBKM Riset pada tahun 2021 ini terlaksana.

Gambar 1 Seminar Hasil MBKM Riset Unsoed – BPPT
(Sumber:https://asnugroho.wordpress.com/2021/07/25/kegiatan-mbkm-di-pusat-teknologi-informasi-dan-komunikasi-bppt/)

Kegiatan MBKM Riset yang secara langsung dibimbing oleh Dr. Eng. Anto Satriyo Nugroho, B.Eng. M.Eng. (BPPT) dan Prof. Dr. Eng. Retno Supriyanti, S.T.,M.T (Unsoed), diikuti oleh dua orang mahasiswa dari Program Studi Teknik Elektro yaitu Syafrudin Rais Akhdan (H1A017084) dan Muhammad Ghifari Zuhir (H1A017053). Sebagai salah satu luaran dari kegiatan MBKM Riset ini, dihasilkan dua buah paper yang saat ini statusnya diterima dengan revisi minor pada, perhelatan pada International Conference on Engineering, Technology, and Innovative Researches (ICETIR2021)
1. Liveness Detection with Image Quality Assessment oleh Muhammad Ghifari Zuhir, Retno Supriyanti, Anto Satriyo Nugroho
2. Face Recognition with Anti Spoofing Eye Blink Detection oleh Syafrudin Rais Akhdan, Retno Supriyanti, Anto Satriyo Nugroho

Selain berhasil menghasilkan dua buah paper pada seminar internasional, kegiatan ini juga mendapat penghargaan sebagai salah satu pemenang hibah riset/penelitian MBKM dari Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman (No. B/2180/UN23.12/PM.00.01/2021).

By mulkiiz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *