Berita

Seminar Nasional: Renewable Energi and Information Technology for National Defense

Sebagai bagian dari rangkaian Dies Natalis Jurusan Teknik Elektro Unsoed, Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HMTE) menyelenggarakan seminar nasional dengan tema Renewable Energi and Information Technology for National Defense. Acara tersebut diselenggarakan pada hari Sabtu 6 Oktober 2018 dengan menghadirkan pembicara :

  1. Prof.Dr.Dadan Imar Daihani, DEA (Lemhanenas RI)
  2. Jackson Frans (mewakili Dirjen EBTKE, Kementerian ESDM RI), dan
  3. Onno W. Purbo, Ph.D. (pakar IT / networking).

Dalam sambutannya, sekaligus membuka acara, Ketua Jurusan Teknik Elektro UNSOED, Dr.Eng. Suroso, menyampaikan bahwa perkembangan teknologi saat ini sangat terkait dengan pertahanan dan ketahanan nasional. Dengan terselenggaranya seminar ini, diharapkan akan membuka wawasan para peserta khususnya mahasiswa tentang peran energi dan teknologi informasi dalam ketahanan nasional.

seminar nasional teknik elektro 2018
seminar nasional teknik elektro 2018

Pada sesi pertama, Prof. Dadan menyampaikan jika energi dan sumber daya tidak dikelola dengan baik maka sebuah negara tidak dapat bertahan. Negara harus dapat memanfaatkan sumber daya yang ada untuk menciptakan energi, dalam hal ini adalah energi baru dan terbarukan. Selain itu, beliau juga menyampaikan perlu adanya peningkatan ketahanan nasional dari sisi teknologi informasi.

Pada sesi kedua, Jackson Frans menyampaikan materi tentang pengembangan energi baru dan terbarukan, yang akan berimbas pada percepatan akses energi. Dengan akses energi yang baik, akan turut berperan serta dalam menjaga ketahanan nasional RI.

Selanjutnya, pada sesi akhir Onno W. Purbo menyampaikan bahwa perkembangan teknologi dunia cyber turut berpengaruh pada kondisi ketahanan dan pertahanan nasional. Beliau juga mendemokan proses hacking dan bagaimana cara untuk mengantisipasinya. Menurutnya kita harus harus mengetahui bagaimana cara musuh menyerang suatu sistem.

seminar nasional teknik elektro 2018
seminar nasional teknik elektro 2018

Dalam penutupannya, Hari Prasetijo selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Teknik Unsoed menyampaikan bahwa Teknik Elektro Unsoed sebagai salah satu pencetak generasi penerus bangsa, diharapkan dapat berkontribusi dalam meningkatkan ketahanan dan pertahanan nasional.

(YGR/MIZ)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *