Berita

Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Teknik Elektro di Puskesmas Kalimanah Purbalingga

Pada selasa 14 Agustus 2018, tim dosen Teknik Elektro Universitas Jenderal Soedirman melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan mitra Puskesmas Kalimanah. Acara tersebut dibawakan oleh Mulki Indana Zulfa, MT dan dimoderatori oleh Hari Siswantoro, Ph.D. Acara dibuka oleh sambutan dari Ketua Jurusan Teknik Elektro Dr.Eng.Suroso yang dilanjutkan oleh sambutan dari Kepala Puskesmas Kalimanah drg.Nur Syarifah. Dalam kegiatan tersebut, salah satu perwakilan dari dosen Teknik Elektro yaitu Acep Taryana, ST. MT. memaparkan materi tentang problem yang selama ini dialami Puskesmas dalam mengimplementasikan Sistem Informasi Puskesmas (simpus).

PKM Teknik Elektro Unsoed
PKM Teknik Elektro Unsoed

Menurut Kepala Puskesmas Kalimanah, drg.Nur Syarifah, ada beberapa masalah dalam implementasi simpus diantaranya adalah koneksi internet yang sangat lambat jika digunakan pada jam kerja. Menanggapi permasalahan tersebut, Azis Wisnu Widhi Nugraha ST. M.Eng menjelaskan beberapa faktor penentu kecepatan internet yang mungkin menjadi penyebab lambatnya akses internet di Puskesmas Kalimanah. Faktor utama mungkin menjadi penyebab lambatnya akses internet adalah bandwith yang digunakan. Selain itu faktor lokasi server simpus juga dapat menjadi penyebab berikutnya terutama jika lokasi dari server simpus dikelola oleh Internet Service Provider (ISP) yang berbeda.

PKM Teknik Elektro Unsoed
PKM Teknik Elektro Unsoed

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan tersebut, Jurusan Teknik Elektro menyatakan siap untuk menjadi mitra utama Puskesmas Kalimanah dalam membantu menyelesaikan permasalahan seputar akses internet dan simpus di puskesmas ini. Skema kegiatan yang ditawarkan sebagai tindak lanjut dari acara tersebut dapat berupa Kerja Praktik mahasiswa Teknik Elektro ataupun skema penelitian dosen.

Maju terus pantang menyerah !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *