Berita

Kunjungan Industri Mahasiswa Teknik Elektro Tahun 2018

Pada tanggal 18-19 Juli 2018, Mahasiswa Teknik Elektro angkatan 2016 melakukan kunjungan industri ke beberapa tempat, diantaranya:
1. Telkom BDV, Bandung
2. PLTA Jatiluhur, Purwakarta
3. PT.KAO, Karawang

Kunjungan industri tersebut didampingi oleh 2 dosen Teknik Elektro yaitu Hari Siswantoro, Ph.D dan Mulki Indana Zulfa, MT. Banyak pengalaman menarik selama kunjungan tersebut. Pada kunjungan pertama ke Telkom BDV, mahasiswa mendapat banyak penjelasan tentang perusahaan-perusahaan startup baru yang diinkubasi oleh Telkom BDV. BDV (Bandung Digital Valley) adalah sebuah inkubasi binaan PT.Telkom di bawah Divisi Digital Servis (DDS). Divisi ini menyediakan co-working space, pembinaan hingga pendanaan bagi startup dengan kriteria tertentu yang telah lolos beberapa tahap seleksi yang diadakan oleh tim DDS.

Kunjungan Industri Teknik Elektro Unsoed ke BDV Bandung
Kunjungan Industri Teknik Elektro Unsoed ke BDV Bandung

Pada kunjungan yang kedua, mahasiswa Teknik Elektro Unsoed berkunjung ke PLTA Jatiluhur. Dalam kunjungan ini mahasiswa diajak langsung untuk melihat proses pembangkitan tenaga listrik yang sumbernya berasal dari air waduk jatiluhur. Mahasiswa diajak melihat langsung 6 turbin yang digunakan oleh PLTA ini. PLTA ini mampu menghasilkan listrik 187 MW. Bendungan ini mulai dibangun pada tahun 1957 ditandai dengan peletakkan batu pertama pembangunan oleh Presiden RI pertama Ir. Soekarno. Diresmikan oleh Presiden RI Kedua Jenderal Soeharto pada tanggal 26 Agustus 1967. Jumlah biaya yang dikeluarkan untuk pembangunan Bendungan Ir. H. Djuanda hingga selesai adalah US$ 230 juta.

Kunjungan Industri Teknik Elektro Unsoed ke PLTA Jatiluhur
Kunjungan Industri Teknik Elektro Unsoed ke PLTA Jatiluhur

Kemudian pada kunjungan terakhir di PT.KAO Kawasan Industri Karawang , mahasiwa Teknik Elektro Unsoed diajak untuk melihat secara langsung proses produksi produk PT.KAO seperti detergen dan diapers (popok bayi). Sebelumnya para mahasiswa juga diperlihatkan demo produk-produk yang dimiliki PT.KAO. Hal menarik adalah ketika mahasiswa melihat secara langsung teknologi PLC yang digunakan oleh mesin-mesin produksi di sana. Selain di Karawang PT.KAO juga mempunyai pabrik yang lebih besar di Cikarang, serta kantor Head Office di Jakarta.

Kunjungan Industri Teknik Elektro Unsoed ke PT.KAO
Kunjungan Industri Teknik Elektro Unsoed ke PT.KAO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *