Beasiswa

Beasiswa S2 dan S3 DAAD Jerman Tahun 2018

Bila Anda salah satu yang mengincar beasiswa S2 di Jerman yang ditanggung full, program beasiswa ini mungkin cocok untuk Anda. Namanya Master’s Scholarships for Public Policy and Good Governance atau sering disingkat dengan beasiswa PPGG. Dikenal juga dengan Helmut-Schmidt-Programme. Beasiswa ini salah satu program rutin yang ditawarkan Dinas Pertukaran Akademis Jerman (DAAD) dan Indonesia menjadi bagian dari sasaran pemberian beasiswa.

Beasiswa PPGG 2019 memberikan kesempatan untuk mengambil gelar S2 di bidang kebijakan publik dan tata kelola pemerintahan yang baik. Beasiswa ini bisa dilamar bagi mereka yang belum memiliki pengalaman kerja profesional ataupun yang sudah bekerja dan berada di jenjang karir profesional menengah. Pelamar yang bisa mendaftar adalah para lulusan S1/sederajat di bidang ilmu sosial, ilmu politik, hukum, ekonomi, dan administrasi publik.

Apa saja yang disediakan Beasiswa PPGG DAAD 2019 ini? Penerima beasiswa akan memperoleh tunjangan bulanan sebesar 850 Euro (± Rp 14,3 juta), asuransi kesehatan di Jerman, Kemudian juga diberikan tunjangan perjalanan, subsidi riset, termasuk tunjangan keluarga jika memenuhi syarat. Yang menarik juga, penerima beasiswa S2 Jerman ini akan dibebaskan dari biaya pendidikan dari delapan pilihan universitas yang ditetapkan Helmut-Schmidt-Programme.

Sebelum menjalani program master, penerima beasiswa terlebih dahulu akan menjalani kursus bahasa Jerman selama enam bulan yang dimulai April – September 2019. Kursus bahasa Jerman tersebut berlangsung di salah satu institusi di Jerman (bukan di universitas) dan berlaku bagi semua penerima beasiswa, baik mereka yang mengambil kuliah dengan bahasa pengantar Inggris atau Jerman. Selain itu, kandidat juga ditawarkan bimbingan khusus di institusi yang dipilih dan dibiayai oleh DAAD.

Dokumen aplikasi:
1. Formulir aplikasi DAAD (unduh)
2. Motivation letter yang ditandatangani berisi deskripsi singkat tentang akademik atau profesi pelamar dan alasan pribadi memilih program beasiswa ini serta universitasnya. Maksimum dua halaman
3. Curriculum Vitae (CV) lengkap ditandatangani
4. Salinan ijazah terakhir (penjelasan tentang sistem penilaian harus disertakan)
5. Salinan transkrip nilai terakhir
6. Salinan ijazah SLTA
7. Sertifikat kemampuan bahasa (Jerman dan Inggris)
8. Dua surat rekomendasi dari profesor universitas atau pimpinan tempat kerja dilengkapi dengan tandatangan, kop surat resmi, dan cap

Deadline ditetapkan masing-masing program master yang dilamar, antara 1 Juni – 31 Juli 2018. Bisa dilihat di website tertera.

Sumber:
1. https://www.beasiswapascasarjana.com/
2. https://www.daad.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *