Berita

Workshop Pengembangan Kurikulum Teknik Elektro Tahun 2018

Pada hari Rabu tanggal 25 April 2018, Jurusan Teknik Elektro Unsoed melakukan kegiatan workshop pengembangan kurikulum Teknik Elektro tahun 2018. Hadir sebagai narasumber adalah Dr.Eng. F. Danang Wijaya dari Teknik Elektro UGM. Dalam kegiatan tersebut, turut diundang juga para alumni diantaranya Herryawan Pujiharsono, M.Eng, Alain Rizky ST, Rizky Sustetijadi ST untuk memberikan saran terhadap pengembangan kurikulum Teknik Elektro di tahun 2018.

Workshop Kurikulum Teknik Elektro 2018
Workshop Kurikulum Teknik Elektro 2018

Hingga saat ini Teknik Elektro Unsoed telah menerapkan 3 kurikulum yang diawali sejak tahun 2000. Kemudian rekurikulum kedua diterapkan pada tahun 2007, dan kurikulum terakhir yang sedang dijalani adalah kurikulum 2013. Dari kurikulum 2013 ini, ada peningkatan signifikan dari jumlah lulusan tepat waktu, dimana pada 2 tahun terakhir, jumlah lulusan tepat waktu di Teknik Elektro Unsoed mencapai 50%.

Menurut Danang Wijaya, Teknik Elektro Unsoed tetap harus mempersiapkan kurikulum 2018 ini dengan turut memperhatikan revolusi industri 4.0. Revolusi industri 4.0 ini juga akan berimbas pada metode pembelajaran yang sudah harus disesuaikan dengan karakter mahasiswa saat ini. Karena menurut Danang Wijaya, mahasiswa sekarang didominasi dengan generasi milenia dimana mereka tumbuh dan berkembang bersamaan dengan teknologi yang cepat sekali berkembang, sehingga tim dosen juga bukan hanya dituntu untuk terampil mengajar tetapi juga dituntut untuk terampil mendampingi mahasiswa untuk menghasilkan produk yang inovatif sesuai dengan perkembangan jaman.

Workshop Kurikulum Teknik Elektro 2018
Workshop Kurikulum Teknik Elektro 2018

Dalam kegiatan tersebut, para alumni dan perwakilan dari mahasiswa juga turut memberikan saran untuk pengembangan kurikulum 2018. Salah satu saran yang menarik dari mahasiswa adalah usulan untuk mengadakan matakuliah pilihan berbasis project Tugas Akhir, sehingga memudahkan mahasiswa semester akhir untuk memilih topik yang tepat untuk Tugas Akhirnya.

Tidak lupa para alumni juga memberikan saran agar jurusan lebih memperhatikan teknikal skill yang harus dimiliki mahasiswa ketika lulus nanti. Karena tidak dipungkiri bahwa teknikal skill adalah hal yang paling dibutuhkan oleh industri saat ini.

Workshop Kurikulum Teknik Elektro 2018
Workshop Kurikulum Teknik Elektro 2018

Semoga di tahun 2018 ini Teknik Elektro Unsoed dapat merumuskan kurikulum yang lebih inovatif lagi sesuai dengan perkembangan di dunia industri. Maju terus pantang menyerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *