berita jurusan elektro unsoed
Berita

Konservasi Energi Goes to Campuss bersama Kemen ESDM dan FT Unsoed

Kesuksesan penerapan konservasi energi dapat diawali dengan memperkenalkan konsep serta prinsip konservasi energi kepada para mahasiswa.

Hal ini mendorong Direktorat Konservasi Energi, Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Kementerian ESDM RI, bekerjasama dengan Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman, untuk menyelenggarakan “Konservasi Energy Goes To Campuss”.

Kegiatan yang diadakan pada hari Selasa, 28 November 2017, di aula dekanat Fakultas Teknik Unsoed, dihadiri oleh para dosen serta mahasiswa dari Fakultas Teknik, baik dari jurusan Teknik Elektro, Teknik Geologi, Teknik Industri, maupun Teknik Informatika. Turut hadir pada kesempatan ini beberapa tamu undangan, antara lain dari PT. PLN Area Purwokerto, BP3 ESDM Wilayah Slamet Selatan, dan beberapa dinas terkait dari Pemda Banyumas dan Purbalingga.

Acara dimulai pada pukul 09.00 dengan sambutan sekaligus pembukaan oleh Dekan Fakultas Teknik, Nastain, S.T.,M.T. Pada sambutannya, beliau berharap kegiatan “Konservasi Energi Goes to Campuss” dapat meningkatkan wawasan para mahasiswa, dan juga diharapkan pula kegiatan ini dapat meningkatkan kerjasama antara Fakutas Teknik UNSOED dan Direktorat Konservasi Energi, Ditjen EBTKE, Kementerian ESDM.

Konservasi Energi Goes to Campus
Konservasi Energi Goes to Campus

Dalam sambutan berikutnya oleh Direktur Konservasi Energi yang disampaikan oleh Kepala Sub Direktorat Pengembangan Usaha Konservasi Energi, Ir. Mustofa Said, disampaikan bahwa para mahasiswa dapat menjadi agen perubahan dalam terwujudnya konservasi energi. “Melalui kegiatan Konservasi Energi Goes to Campus ini, kami berharap adik-adik dapat menerapkan konservasi energi baik dalam kehidupan sehari-hari dan di dunia kerja kelak,” demikian salah satu hal yang disampaikan oleh Ir. Mustofa Said.

Pada kegiatan “Konservasi Energi Goes to Campuss” dipaparkan serangkaian materi dari para ahli (expert) di bidang konservasi energi, mulai dari kebijakan pemerintah, prinsip dasar konservasi energi, penerapan ISO 50001 mengenai manajemen energi, profesi terkait konservasi energi. Kajian kebijakan di bidang konservasi energi dipaparkan oleh Kasi Bimbingan Teknis, Eko Sudarmawan. Dalam paparannya, disampaikan beberapa produk/regulasi direktorat Konservasi Energi seperti Audit Energi Detail, Labelisasi Perangkat Hemat Energi, serta Program Investasi Energi.

Materi berikutnya adalah Prinsip-prinsip Konservasi Energi di Sektor Bangunan, yang disampaikan oleh Dr. Eri Djunaedy, B.Eng., M.Sc., Econoler Building Energy Efficiency Expert Telkom University. Pada paparannya beliau menyampaikan, “Penerapan konservasi energi yang baik di sektor bangunan akan dapat meningkatkan efisiensi, khususnya efisiensi energi. Design for people, energy efficiency (and everything else) will follow.”

Konservasi Energi Goes to Campus
Konservasi Energi Goes to Campus

Sebagai materi di penghujung acara, adalah “Pengenalan SNI/ISO 50001, Sistem Manajemen Energi, dan Profesi terkait Konservasi Energi”, yang disampaikan oleh Agung Sedyawan, ST, MITO, CLA, CEnMC, CEnM, CEnMA. Pria dengan banyak gelar ini, merupakan seorang ahli di bidang energi, saat ini salah satu jabatannya adalah sebagai National Expert di United Nations Industrial Development Organization (UNIDO), salah satu organisasi PBB.

Pada pelaksanaan kegiatan, antusiasme peserta sangat tinggi. Padatnya ruangan dari awal hingga akhir dan banyaknya pertanyaan pada sesi diskusi menjadi salah satu indikator suksesnya acara ini.

Akhirnya kegiatan ini ditutup oleh Ketua Jurusan Teknik Elektro, Dr.Eng. Suroso, M.Eng.

Konservasi Energi Goes to Campus
Konservasi Energi Goes to Campus

“Kegiatan ini sangat bermanfaat baik bagi para dosen dan tamu undangan, serta bagi para mahasiswa. Banyak ilmu baru yang didapatkan dari kegiatan Konservasi Energi Goes to Campuss ini. Diharapkan ke depan, kegiatan ini dapat menjadi kegiatan rutin sebagai bagian kerjasama antara Direktorat Jenderal EBTKE dengan pihak akademisi kampus, khususnya Fakultas Teknik UNSOED.”

Maju Terus Pantang Mundur, Tak Kenal Menyerah!

(YGR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *