berita jurusan elektro unsoed
Berita

Kuliah Umum Pervasive Computing

Kuliah Umum Teknik Elektro Unsoed 2017
Kuliah Umum Teknik Elektro Unsoed 2017

Senin, 23/05/17 Jurusan Teknik Elektro dan Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro menyelenggarakan Kuliah Umum dengan tema Pervasive Computing. Kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 12.00 WIB di Aula Gedung A Fakultas Teknik Unsoed, dengan pembicara Ir. Lukito Edi Nugroho, M.Sc.,Ph.D dari Teknik Elektro Universitas Gadjah Mada (UGM) dan dihadiri oleh seluruh dosen dan mahasiswa Teknik Elektro Unsoed.

Pak Lukito memberikan materi tentang “Mobile & Pervasive Computing: Konsep dan Aplikasinya”. Materi ini sangat menarik, mengingat beberapa riset di dalamnya seperti Internet of Things (IoT) dan Cloud Computing menjadi topik penelitian dosen Teknik Elektro Unsoed. Antusias mahasiswa juga sangat tinggi, beberapa mahasiswa bertanya tentang peluang penelitian Pervasive Computing untuk dijadikan topik tugas akhir.

Pada akhir kuliah umum Pak Lukito memberikan kesimpulan :
1. Mobile computing membuat mobilitas menjadi bagian dari proses komputasi. Pervasive computing membuat proses komputasi bisa terjadi di mana-mana.
2. Context memungkinkan kita menghubungkan fenomena lingkungan dengan proses komputasi. Context-awareness membuat komputasi bisa beradaptasi dengan perubahan lingkungan.
3. Mobile computing, pervasive computing, dan context-awareness membuat eksistensi komputer menjadi tidak terasa (menghilang).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *