Berita

Dies Fakultas Teknik, 15 Tahun Teknik Unsoed Tahun 2015

Bertepatan dengan hari Sabtu, 24 Oktober 2015 Fakultas Teknik melaksanakan Dies Fakultas Teknik 15 Tahun Teknik Unsoed. Acara dimulai pukul 09.00 WIB. dan dibuka oleh Kasubbag Akademik dan Kemahasiswaan FT Unsoed, dilanjutkan laporan Ketua Pantiya Dies oleh Bapak Hari Prasetijo, S.T., M.T.  Sambutan merupakan acara inti dari kegiatan Dies ini terdiri dari sambutan perta Dekan FT Unsoed dan Sambutan kedua merupakan Kilas Balik FT 15 Tahun ke masa lampau oleh sesepuh FT Unsoed yang diwakili oleh Bapak Ir. Agus Margiwiyatno, M.S., Ph.D..  Dalam kata sambutan Dekan oleh Bapak Nastain, S.T., M.T. menyampaikan sejarah FT hingga sampai menempati daerah Blater Purbalingga lokasi yang cukup jauh dari kantor pusat Administrasi Unsoed.  Awal mulanya pada tahun 2000 FT terdiri dari dua prodi saja yaitu Prodi Teknik Sipil dan Teknik Elektro dalam wadah Program Sarjana Teknik, dengan menempati ruangan kantor yang berukuran 5 x 6 m yang dilengkapi dengan dua ruang kuliah berkapasitas 30 orang mahasiswa per kelas.

Dekan juga menyampaikan bahwa pada tahun 2007 atas inisiasi dari Prof. Drs. Rubiyanto Misman berhasil mendapat lahan hibah dari Pemerintah Kabupaten Purbalingga seluas kurang lebih 11 Ha di daerah Blater, Kalimanah, Purbalingga dan secara khusus Dekan menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak atas partisipasinya selama ini hingga saat ini FT Unsoed telah memiliki 5 Prodi yaitu : Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Geologi, Teknik Informatika dan Teknik Industri merupakan Prodi paling muda.  Dekan berharap adanya soliditas dan semangat kerjasama saling bahu membahu dari para stakeholder agar FT Unsoed semakin maju, sekalipun dihadapkan oleh berbagai tantangan yang cukup berat yaitu adanya pergerakan barang dan jasa serta SDM berupa masuknya tenaga kerja asing yang secara langsung mempersempit peluang tenaga kerja lulusan FT Unsoed. Oleh karenanya kedepan harus selalu memperbaiki proses pembelajaran agar tercapai lulusan yang semakin kompetetitif, bermoral dan berkepribadian yang baik, dan pada akhir sambutannya Dekan memohon kepada seluruh civitas akademika sumbangsih dan doa restunya bagi kemajuan FT Unsoed kedepan yang saat ini telah menginjak usia 15 tahun.

Kunci kemajuan FT Unsoed adalah karakter SDM yang punya daya juang tinggi dan merupakan pekerja keras, demikian selorohnya. Acara Potong Tumpeng merupakan rangkaian acara inti Dies yaitu Bapak Nastain, S.T., M.T. selaku Dekan menyerahkan kepada sesepuh FT Unsoed Ir. Agus Margiwiyatno, M.S., Ph.D. dan dari sesepuh potongan tumpeng diserahkan kepada salah satu dosen termuda yaitu Ari Fadli, S.T., M.Eng.  Foto bersama merupakan acara yang cukup penting diadakan mengingat pada acara Dies kali ini mengundang Danramil Kalimanah, Kapolsek Kalimanah, Kepala Desa Jompo, Kepala Desa Blater dan Kepala Desa Sidakangen serta perwakilan Himpunan Mahasiswa dari lima prodi.

Sebagai inti acara tasyakuran maka dilakukan doa bersama yang dipimpin oleh Kepala Bagian Tata Usaha FT Unsoed Bapak Abu Tholib, S.Pt., M.M., kemudian dilaksanakan acara makan bersama oleh para tamu undangan, “FT Unsoed Tetap Jaya” (HR)